Informasi Penting: DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MADIUN | Jl. Mastrip No. 23 Kota Madiun Telp. 0351-4487016 Fax. 0351-4487016 / 4487017 |
header-int

OPERATOR DATA ELEKTRONIK SEBAGAI UJUNG TOMBAK SETIAP OPD

Rabu, 04 Apr 2018, 08:42:04 WIB - 7 View
Share
OPERATOR DATA ELEKTRONIK SEBAGAI UJUNG TOMBAK SETIAP OPD

Berdasarkan Permen Kominfo Nomor 57 Tahun 2003 tentang Panduan Penyusunan Rencana Induk Pengembangan E-Goverment Lembaga dan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 30 Tahun 2016 Tentang Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi, Dinas Kominfo Kabupaten Madiun mengundang seluruh Operator Data Elektonik (Website) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Madiun dalam acara sosialisasi rutin kepada Pengelola Data Elektronik pada Selasa (15/8) bertempat di Ruang Rapat Dinas Kominfo Madiun, Jl. Mastrip No.23 Kota Madiun.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kab. Madiun, Drs. Barono yang diwakili oleh Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Heny Tri Wijayanti, ST, M.Hum. Dalam sambutannya Heny berpesan kepada seluruh Operator Data Elektronik khususnya website agar rutin dalam mengelola dan memaksimalkan akun website maupun email masing-masing OPD-nya. Karena dengan website, OPD dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang pencapaian kinerjanya dan kelebihan-kelebihan OPD-nya, maupun hal-hal terkait dengan pengembangan pariwisata, baik yang sudah ada maupun tujuan pariwisata yang baru.

Heny juga menyadari akan kendala-kendala yang terjadi pada mayoritas OPD khususnya di Kecamatan, “ Jumlah personil yang mempunyai kapabilitas pada bidang pengelolaan Informasi dan Teknologi (IT) sangat terbatas, jikapun ada personil yang menguasai pada bidang tersebut umumnya mempunyai kerjaan lainnya yang relatif banyak sehingga kurangnya fokus pada pengelolaan Data Elektronik di instansinya ” ujarnya. Sebagai langkah awal Kominfo berusaha memetakan PNS yang memiliki kemampuan/keterampilan/passion Bidang IT pada seluruh OPD sehingga dapat dilihat kesiapan pada masing-masing OPD untuk pengembangan Informasi dan Teknologi selanjutnya.

Pada sesi tanya jawab, peserta banyak yang memberikan masukan terkait hal-hal yang dapat dilaksanakan pada pertemuan selanjutnya termasuk permasalahan teknis dalam pengelolaan Data Elektronik khususnya pada website dan email. Hal-hal teknis terkait dengan e-mail dijelaskan oleh narasumber dari Kominfo Kab. Madiun, Siswanto dan dimoderatori oleh Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Aplikasi dan Ekosistem E-Goverment, Sudjarwa, SE, MA. “ Operator Data Elektronik ini merupakan ujung tombak setiap OPD dalam mengelola segala bentuk informasi yang berbasis digital, karena kedepan penggunaan aplikasi-aplikasi akan semakin masif digunakan agar pelayanan kepada masyarakat bisa cepat, transparan dan akuntabel ” ujar Sudjarwa. (rrj-kominfo)

Kominfo Kab. Madiun Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Madiun
Jl. Mastrip No.23 Kel. Klegen Kec. Kartoharjo Kota Madiun - Jawa Timur 63117, Indonesia
© 2018 Kominfo Kab. Madiun Follow Kominfo Kab. Madiun : Facebook Twitter Linked Youtube